Selasa, 03 April 2012

KEHEBATAN BUAH PISANG

 
 
 
KEHEBATAN DARI PISANG,

(Sebagian dari bahan seminar KKR Kabar Kebahagiaan Abadi - Yong Yuan de Fu dibawah Subtitle: Bagaimana Mencapai Tubuh dan Otak Super serta Menunda Kepikunan, Diselenggaran Gereja-gereja Interdenominasi Bandar Lampung.)

Jika Anda ingin cepat memperbaiki tingkat energi anda dan menghilangkan rasa lesu tidak ada makanan camilan yang lebih baik daripada pisang. Mengandung tiga gula alami - sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat, pisang memberikan dalam tempo sekejap, dapat meningkatkan energy yang banyak dan berkelanjutan.

Penelitian telah membuktikan bahwa hanya dua porsi pisang mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang merupakan buah nomor satu bagi atlit terkemuka di dunia. Tetapi energi bukan satu-satunya cara pisang dapat membantu kita tetap fit. Pisang juga dapat membantu mengatasi atau mencegah sejumlah besar penyakit dan kondisi ini membuatnya menjadi suatu keharusan untuk ditambahkan kedalam diet harian Anda.

Binatang yang paling cerdik menurut para scientists sampai dianggap leluhur kita adalah monyet. Rupanya monyet tahu sesuatu yang banyak orang tidak tahu. Orang Indonesia seharusnya merasa paling diberkati karena begitu banyak macamnya pisang di Indonesia dan sangat murah harganya. Tapi begitulah sifat manusia, selalu menyepele-kan yang banyak dan limpah, dan menghargakan buah-buahan import yang mahal.

Secara logis saja, buah pisang harus lebih sarat gizi dari buah lainnya karena batangnya penuh air, dan rantingnya yang menuju ke masing-masing buah hampir sebesar jari, sedangkan yang menuju ke tandannya hampir sebesar pergelangan tangan. Bukankah itu satu bukti bahwa ledeng yang lebih besar mengandung air yang lebih banyak? Bukankah air digunakan pohon-pohon untuk mengisap atau menyalurkan mineral yang ada dalam tanah untuk dikirimkan kebuah itu?

Pepatah yang berbunyi: “An apple a day keeps the doctors away.” (“Sebuah apel setiap hari akan menjauhkan dokter-dokter/penyakit-penyakit dari kita,”) sebenarnya sudah ketinggalan zaman, dan harus diganti dengan “A banana a day keeps the doctors away.”
Lihat saja monyet, bukankah itu binatang yang paling cerdas, paling tangkas dan aktif sepanjang hari. Bisa loncat, manjat, bergelayutan dan ceria sepanjang hari? Ngak heran kalau Charles Darwin katakan bahwa monyet itu adalah kakeknya atau leluhurnya!

Anemia: Kadar zat besi yang tinggi dari buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan sangat membantu dalam kasus anemia.

Tekanan Darah: Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium tetapi rendah garam, sehingga merupakan makanan yang sempurna bagi membantu untuk mengalahkan tekanan darah.

Brain Power (Daya Pikir Otak): 200 siswa di Sekolah MenengahTwickenham (Middlesex) dibuktikan dibantu dengan cara yang sangat menyolok dalam hasil ujian pada tahun ini karena memakan pisang pada saat sarapan, istirahat dan makan siang di sebuah eksperimen untuk meningkatkan kekuatan otak mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah pisang yang mempunyaui kandungan kalium tinggi dapat membantu proses belajar dan membantu siswa semakin sadar dan cerdas daya pikirnya.

Sembelit: Karena kandungan serat yang tinggi, pisang termasuk dalam jenis makanan yang dapat membantu mempermudah dan menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus menggunakan laksatif.

Depresi: Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung trypotophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat Anda merasa lebih bahagia dan ceria.

Obat mabuk: Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake susu kedele dan pisang, yang dimaniskan dengan madu. Pisang menenangkan perut dan dengan bantuan madu, membangun kadar gula darah, sementara susu kedele menenangkan dan menghidrasi ulang sistem anda.

Ulu hati tersenak, mual ulu hati: Pisang memiliki efek antacid alami dalam tubuh sehingga jika Anda menderita tersenak ulu hati (heart-burn), cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya.

Mual Saat Haid: Ngemil pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan mengurangi morning sickness, atau mual masa haid itu.

Gigitan nyamuk: Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan serangga.

Herankah anda bahwa binatang yang paling cerdas, yaitu monyet tahu pisang adalah makanan yang paling komplit gizinya sehingga menjadikan itu makanan favoritnya? Dan begitu juga saya. Hehehe. GBU, GLU, SDI! Hasta la vista!
SUMBER : SAMI LEE
 Anda ingin makanan/nutrisi yg sebaik dari pisang???
hubungi kie jengkol di 0852 9433 2315 atau 081 2200 6813
email  :kijengkol@yahoo.com
Health benefits of banana fruit
  • Banana fruit is rich in calories, but very low in fats. The fruit contains good amounts of health benefiting anti-oxidants, minerals, and vitamins.
  • Banana pulp is composed of soft, easily digestible flesh with simple sugars like fructose and sucrose that when eaten replenishes energy and revitalizes the body instantly; thus, for these qualities, bananas are being used by athletes to get instant energy and as supplement food in the treatment plan for underweight children.
  • The fruit contains good amount of soluble dietary fiber (7% of DRA per 100 g) that helps normal bowel movements; thereby reducing constipation problems.
  • It contains many health promoting flavonoid poly-phenolic antioxidants such as lutein, zeaxanthin, beta and alpha carotenes in small amounts. These compounds help act as protective scavengers against oxygen-derived free radicals and reactive oxygen species (ROS) that play a role in aging and various disease processes.
  • It is also a very good source of vitamin-B6 (pyridoxine), provides about 28% of daily-recommended allowance. Pyridoxine is an important B-complex vitamin that has beneficial role in the treatment of neuritis, anemia, and decreasing homocystine (one of the causative factor for coronary artery disease (CHD) and stroke episodes) levels in the body.
  • The fruit is also good source of vitamin-C (about 8.7 mg per 100g). Consumption of foods rich in vitamin-C helps body develop resistance against infectious agents and scavenge harmful oxygen free radicals.
  • Fresh bananas provide adequate levels of minerals like copper, magnesium, and manganese. Magnesium is essential for bone strengthening and has cardiac-protective role as well. Manganese is used by the body as a co-factor for the antioxidant enzyme, superoxide dismutase. Copper is required in the production of red blood cells.
  • Fresh banana is a very rich source of potassium. 100 g fruit provides 358 mg potassium. Potassium is an important component of cell and body fluids that helps control heart rate and blood pressure, countering bad effects of sodium.
Preparation and Serving methods
  • Bananas comes with nature gifted protective outer layer of skin, therefore are less likely contaminated by germs and dust.
  • Just remove the peel and enjoy!
  • Banana fruit sections are a great addition to the fruit salads.
  • Fresh "banana-milkshake" with sugar syrup is a delicious drink.
  • Bananas have also been used in the making of fruit jams.
  • Banana fritters can be served with ice cream as well.
  • Banana chips are a snack produced from dehydrated or fried banana or plantain slices.
  • Mash ripe banana fruits and add to cakes, casseroles, muffins, bread pudding etc.
  • Plantain is raw unripe banana that is used as vegetable in recipes.
:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar