Senin, 19 Maret 2012

Cara menghitung kalori pada label makanan

++ Cara menghitung kalori pada label makanan++

Pernah membeli makanan dalam kemasan? Biasanya setiap makanan dalam kemasan akan ditempeli label yang berisi komposisi dan kandungan nutrisi yg ada dalam makanan tersebut.

Nah, dari artikel sebelumnya, kita semua tahu kalau yang membuat kita gemuk adalah kalau kita makan lebih banyak kalori dibanding kalori yang mampu dibakar badan kita.  Misalnya, badan anda bisa membakar 1300 kalori per hari, kalau anda makan totalnya 2000 Kalori, maka kelebihan 700 kalori akan dirubah oleh badan anda otomatis menjadi simpanan lemak.

Setiap makanan mengandung kalori. Tidak penting apa makanannya. Buah, sayur, tempe, tahu, ikan, teh manis, dll, semuanya memiliki jumlah kalori tertentu.  Artinya.... kita perlu mewaspadai makanan yang mengandung kalori tinggi, karena makanan berkalori tinggi akan sangat mudah membuat kita jadi gemuk.

Sekarang saya contohkan label yg ada di 1 kantong keripik makanan ringan

Nah di gambar disamping ini adalah contoh 1 kantong keripik yang biasa dijual di supermarket. Ada 2 hal yang perlu anda perhatikan:

1.  Servings per Container (lingkaran warna merah): Artinya adalah jumlah sajian yg ada di dalam 1 kantong. Jumlah sajian di contoh ini adalah 5

2. Amount per Serving (lingkaran warna biru): Artinya adalah berapa jumlah kalori yang terdapat dalam 1 takaran saji. Di contoh ini adalah 146 Kalori

Nah disini banyak orang tidak mengerti. Mereka pikir 1 kantong keripik itu kalorinya hanya 146 kalori, padahal sesungguhnya total kalori yang ada dalam 1 kantong keripik itu adalah 146 kalori x 5 Takaran saji = 730 Kalori!

Seberapa besarkah 730 Kalori? Sebagai perbandingan, nasi putih 1 porsi memiliki kalori sekitar 250 Kalori.  Artinya kalau anda makan 1 kantong keripik itu sama saja dengan anda makan 3 piring nasi!!  Dan hal seperti inilah yang membuat banyak orang menjadi gemuk dan bermasalah dengan kesehatannya. Karena mereka tidak pernah berpikir atau peduli dengan makanan yang mereka makan.

Di contoh ini 1 kantong keripik hanyalah 1 macam cemilan yang anda makan.  Apa yang terjadi kalau anda mengemil yang lain sepanjang hari?

Kalau anda menyukai artikel ini, share ke teman anda dan bantu mereka untuk mengerti hal ini. Klik tombol share FB dibawah ini
Mau turunkan berat badan atau mau naikan?

hubungi saya di 0852 9433 2315
http://langsing.webstarts.com/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar